0 di keranjang

No products in the cart.

DAPATKAN BANYAK PRODUK MESIN KOPI

APA ARTI SINGLE ORIGIN?

Bagi banyak orang pengemar kopi mungkin istilah single origin tidak asing lagi. Bisa juga sebagian pengemar berat kopi hitam … tidak mengerti istilah ini. Ya… untuk bahasa awam, Single Origin sebenarnya mempunyai arti ya .. kopi asli, Cuma kopi yang masih asli dari suatu daerah dan belum dicampur.

Istilah Single Origin kopi menurut en-wiki adalah kopi yang ditanam dan dihasilkan dari suatu daerah geografis tertentu. Biasanya penamaan disesuaikan dengan daerah tersebut. Misalnya kopi yang ditanam didaerah tertentu di Papua maka disebut single origin Papua.

Kebalikan dari single origin adalah kopi blend. Jenis kopi ini yang banyak disukai orang, karena sudah mengalami kombinasi dari berbagai jenis single origin. Bagi sebagian orang pengemar kopi mungkin tidak begitu suka dengan single origin yang ‘rasanya’ tidak bisa diajak kompromi. Misalnya ada peminum kopi yang tidak suka   terlalu bitter tapi juga tidak mau dengan rasa yang ringan, jadi pilihan yang dirasa cocok adalah kombinasi  kopi dari beberapa daerah.

kopi01

Single origin berarti nama kopi sesuai wilayah dimana kopi tersebut berasal

Saat ini jika kita Cuma mengenal kopi Arabika atau Robusta, rasanya sudah tidak jamannya lagi. Orang cenderung menyebut nama dari spesifik dari kopi tersebut. Misalnya kopi Jawa, Maindailing dan lainnya.

Setiap kopi yang dihasil dari setiap daerah, termasuk teknik menamam dan tanah didaerah tersebut akan mempengaruhi  varietas kopi tersebut sehingga memberikan ciri khas tersendiri dari kopi tersebut. Di Indonesia varietas yang umum adalah Arabika. Single origin di Indonesia disesuaikan dengan kopi yang dihasilkan  wilayah tempat menanam kopi. Misalnya Kopi Flores, Bali Kintamani,  Sidikalang, Jawa, dan lainnya.  Berikut ini adalah beberapa jenis kopi single origin dari berbagai daerah di Indonesia. Anda pengemar kopi? Kopi Nusantara? Wajib untuk mencobanya…
Kopi Lampung

Sangat dikenal sebagai produsen terbesar kopi robusta di Indonesia, rasanya sangat umum dan sangat digemari banyak orang di Indonesia. Ramuan  kopi khas lampung ini dengan campuran 35% Arabica sehingga aroma lebih istimewa saat dihidangkan.

Kopi Toraja
Beberapa tahun terakhir ini masyarakat luas baru mengenal kopi Toraja.  Kopi dari pulau Sulawesi ini mempunyai ciri khas yang unik, Memiliki aroma yang kuat dan body yang sangat istimewa, tidak heran kopi Toraja sangat digemari di Negara lain seperti Jepang. Komposisi seimbang antara Robusta dan Arabica didalam ramuan ini, sehingga body dan aroma terasa special.

Kopi Aceh (Gayo)
Dari sekian banyak Kopi Sumatra yang terkenal, salah satunya berasal dari Aceh di mana Pegunungan Gayo menghasilkan kopi kualitas tinggi. Sejak lama sebagian besar penduduk Aceh adalah penggemar kopi, ini terlihat dari banyaknya orang yang duduk untuk minum kopi di warung –warung pinggir jalan. Aroma wangi dan rasa sedikit asam muncul karena kopi Arabica yang dominan, namun secara keseluruhan kopi ini soft dan tidak terlalu keras,  sangat cocok untuk hidangan istimewa.

Kopi Mandhaeling
Kopi dari daerah Sumatera Utara ini sudah terkenal baik rasa yang kuat maupun aroma yang keras baik di Indonesia maupun di Luar Negeri. Produksi terbanyak yaitu kopi Arabica. Apabila anda menyukai kopi pahit dan wangi, tidak salah bila memilih kopi ini, tapi awas bagi yang punya penyakit maag maupun jantung, kopi ini akan segera merespon di tubuh anda.Dengan ramuan 60% Robusta dan 40% Arabica – Rasanya cukup keras dan sangat pas untuk menemani anda bekerja lembur.

Kopi Flores
Kopi Flores bagian dari Indonesia Timur yang baru beberapa tahun ini mulai dipublikasikan ke masyarakat Indonesia. Kopi ini mempunyai rasa yang cukup abadi dibanding kopi lainnya, begitu pula dengan aroma yang cukup bisa bertahan lama. Dengan ramuan Robusta 80% dan Arabica 20% kopi ini sangat enak diminum. Walau sedikit lebih mahal,  anda tidak akan kecewa.

Kopi Jawa
Kopi Jawa sudah terkenal sejak tahun 1966, ia mempunyai reputasi yang lebih dipasaran dunia. Kopi ini memiliki rasa soft dan aromanya seimbang. Tapi belakangan ini seperti kurang dikenal karena jumlah produksinya yang setiap tahunnya cenderung menurun. Dengan ramuan Robusta dan Arabica yang dicampur berimbang yang dapat anda coba minum pada saat-saat santai.

Kopi Sidikalang Super
Sidikalang   adalah salah satu daerah yang sangat dikenal Sebagai produsen kopi terbaik didunia yang berada di Sumatra. Kami menampilkan ramuan khas kami dimana sangat menonjol pada aroma, Body kopi yang kental, ciri khas kopi sidikalang yaitu aroma wangi dengan diikuti body yang cukup kaya.Mengapa harga mahal ? karena kopi yang kami pakai merupakan kwalitas no. 1 Dimana mutu yang alami utamakan.

Kopi Papua
Jenis kopi Papua ini adalah merupakan salah satu jenis kopi produk asli dari Indonesia yang telah mulai dikenal di seluruh dunia. Kualitas dari jenis kopi ini  memiliki cita rasa yang khas jika dibandingkan dengan cita rasa kopi Arabika yang lain. Kopi Papua  diramu 100% Arabika Rasanya pahit dan wangi, walaupun 100% arabika kopi ini mengandung Keasaman yang sangat kecil sehingga bisa untuk dinikmati kapan saja.

Kintamani Bali
Jenis Kopi Bali Kintamani Merupakan salah satu jenis kopi yang memiliki kesan manis di akhir rasa dan lembut. Juga memiliki rasa yang tidak terlalu sepat dan pajit. Aroma minty dark chocolate. tingkat keasaman yg kuat  namun terasa lembut Komposisi  80% Arabika dan 20% Robusta

***

Jika anda ingin mendapat info atau ingin memesan berbagai jenis kopi Nusantara baik untuk konsumi sendiri atau untuk dijual lagi bisa hubungi tim admin LeZAT sebagai berikut :

KONTAK :
Andah/Ida/ Aini
Telp : (031-3538710)
E-mail : info@lezatacademy.com
BBM : 53E6E921
SMS/WA : 0821 3271 9471 (Andah)
SMS/WA : 0821 3271 9475 (Jessi)

Anda juga dapat mengikuti kelas Kopi – BARISTA di link berikut ini …

Banner_Barista